PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN SIKAP SISWA DI SMPN I0 KOTA SERANG

Detail Cantuman

Text

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN SIKAP SISWA DI SMPN I0 KOTA SERANG

XML

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi bahwa matematika menjadi pelajaran yang tidak disukai dikalangan para siswa karena matematika adalah salah satu pelajaran yang dianggap sulit, padahal kesulitan yang dihadapi siswa diakibatkan karena siswa tidak mampu memahami materi matematika secara baik serta kurangnya pemahaman aplikasi dalam kehidupan sehari-hari, kurangnya pemahaman siswa diakibatkan karena secara umum proses pembelajaran dikelas kurang menarik dan cenderung berpusat pada Guru (teacher centered). Selain itu, kurang tepatnya pemilihan model yang dipakai dalam materi. Untuk dapat meningkatkan hasil belajar Siswa diperlukan pembelajaran yang menarik dan kebebasan berfikir untuk memahami materi yang dipelajari, oleh karena itu guru harus mampu memposisikan diri dan menerapkan model pembelajaran yang menarik sesuai materi yang dipelajari. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran realistic mathematics education dalam meningkatkan hasil belajar matematika. (2) untuk mengetahui bagaimana sikap siswa terhadap pembeljaran matematika yang menggunakan model pembelajaran realistic mathematics education (RME). model pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan model pembelajaran realistics mathematics education (RME), jenis penelitian yang digunakan adalah quasi-eksperimen, dengan populasi seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari 10 kelas, pengambilan sampel menggunakan simple random sempling didapat dua kelas yaitu kelas VIIC dan VIID untuk kelas eksperimen kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan no tes. Analisis data dilakukan pada saat awal pembelajaran (pre-test) dan setelah pembelajaran (post-test), dimana didapat nilai rata-rata unuk pre-test adalah 19,50 untuk kelas eksperimen dan 15,53 untuk kelas kontrol, untuk hasil post-test di dapat nilai rata-rata untuk kelas ekperimen adalah 21,55 dan kelas kontrol 20,80. Dari uji pre-test dan post-test memiliki varian yang sama. Untuk mengetahui peningkatan dalam pembelajaran dilakukan dengan uji N-Gain dimana didapat nilai rata-rata untuk kelas eksperimen 0,0753 dan kelas kontrol yaitu sebesar 0,0743 dimana peningkatan dalam hasil belajar tergolong rendah dengn peningkatan 7,5%. untuk pengaruh sikap Siswa dilakukan uji regresi dimana mempunyai nilai sig 0,184 untuk kelas eksperimen dan 0,133 untuk kelas kontrol dimana kedua data tersebut >0,05 maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh hasil belajar Siswa terhadap sikap Siswa baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol.

Kata kunci: hasil belajar matematika, sikap siswa, model realistic mathematics education (RME).


Detail Information

Item Type
Other
Penulis
ERNAWATI - Personal Name
Student ID
8420216001
Dosen Pembimbing
H. Ari Gunardi, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Teti Trisnawati, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
H. Ari Gunardi, M.Pd - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Primagraha : Serang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
370.7 ERN p
Copyright
Institut Teknologi Nasional Bandung
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail